Rahasia Produk Cina Murah Dengan Pengiriman Gratis Melalui Belanja Online

November 27, 2019 Uncategorized  No comments

jasa-import-23

Anda tidak dapat berbicara tentang keajaiban e-commerce di China atau di dunia, tetapi industri logistik telah menjadi keajaiban besar China selama beberapa dekade terakhir, “kata Jack Ma, pendiri Alibaba.

Saya cukup terkejut dengan kedatangan kedua paket itu. Saya membeli paket pertama, yang berisi satu set jarum, melalui pembelian online dari eBay dari China tepat pukul 11.00 siang tanggal 8 Maret. Satu set jarum yang dibeli bernilai Rp. 13.500 Untuk mengirim produk dari Tiongkok ke Indonesia, saya dikenai biaya pengiriman hanya Rp1.400.

Paket kedua berisi kabel USB dibeli oleh eBay dari pedagang Cina hanya dengan harga Rp10.400. Tidak seperti paket jarum, kabel USB Cina tidak memiliki biaya pengiriman, pengiriman gratis.

Kedua barang yang dipesan dari China, baik dengan pengiriman murah dan bahkan tanpa pengiriman, tiba di tujuan mereka tidak lebih dari dua minggu.

Sebagai perbandingan, ada juga barang serupa yang dijual di Indonesia. Melalui pasar Tokopedia, ada pedagang online yang menjual satu set jarum yang identik dengan yang saya beli di eBay, harganya lebih mahal, yaitu Rp40.000. Ada juga pedagang online yang menjual unit kabel USB ke mini seharga Rp. 15.000 Sayangnya, harga ini belum termasuk ongkos kirim. Melalui Tokopedia ada biaya pengiriman mulai dari Rp. 11.000 untuk kedua item.

Biaya biaya pengiriman yang dikeluarkan oleh konsumen saat berbelanja melalui pembelian online di negara tersebut tidak dapat bersaing dengan biaya pengiriman produk dari Cina. Dua barang yang dibeli dari Tiongkok, dengan jarak lebih dari 4.000 kilometer antara Indonesia dan Cina, hanya dikenakan tarif kurang dari Rp2.000. Bahkan, mereka tidak sungkan memberikan pengiriman gratis alias Rp.

Dengan menghilangkan waktu pengiriman yang lama dari Cina ke Indonesia, produk yang dijual oleh pedagang online Cina melalui eBay lebih mudah digunakan dengan kantong. Dari kasus sebelumnya, produk China yang dijual online setidaknya memiliki dua keunggulan. Pengiriman murah dan hemat biaya dan bahkan gratis.

Tentang produk murah buatan China “The Economist punya beberapa alasan. Salah satunya, pada 1990-an, China mengimpor 60 persen komponen untuk memproduksi produk buatan China. Sekarang, impor komponen hanya ada di sekitar 35 persen .Untuk alasan kerucut ini, Cina mampu mengurangi harga produknya menjadi jauh lebih murah.

Terkadang, dalam e-commerce Tiongkok seperti Ali Express, produknya sama tetapi harganya berbeda. Yang paling mahal bisa mendapatkan pengiriman gratis. Oleh karena itu, harga barang telah ditandai untuk menutupi biaya pengiriman, “kata Zaldy melalui pesan instan ke Tirto.

Selain itu, Zaldy mengatakan bahwa produk yang dikirim melintasi perbatasan nasional, umumnya, China bekerja sama dengan jaringan pos antar negara. Perusahaan pos memiliki perjanjian, ini dapat mengurangi biaya pengiriman. Anda juga dapat membuat biaya pengiriman murah atau bahkan gratis, karena biaya ini ditanggung oleh perusahaan e-commerce.

Secara umum, Tiongkok dikenal dengan pengiriman produk berbiaya rendah. Financial Times menyatakan bahwa biaya pengiriman rata-rata di negara tirai bambu adalah sekitar Rmb13 (sekitar $ 1,90). Sementara itu, di Amerika Serikat, biaya pengiriman rata-rata adalah $ 5 hingga $ 10. Sejak 2012, Cina telah melampaui Amerika Serikat untuk menjadi negara dengan pasar logistik terbesar di dunia. Sejak 2011, pertumbuhan dunia logistik China telah naik hingga 50 persen setiap tahun.

Biaya pengiriman murah jelas menguntungkan, terutama bagi para pemain di industri e-commerce. Jack Ma, pendiri Alibaba, pernah berkata bahwa keajaiban sebenarnya dari e-commerce Tiongkok terletak pada biaya logistik yang efisien.

Ma mengatakan ada 600 distrik di China yang memiliki opsi pengiriman “hari yang sama” dan “hari berikutnya”. Menurut Ma, ini adalah sesuatu yang jarang dilakukan di negara lain.

Hanya beberapa negara yang bisa berubah dari tidak menjadi apa-apa menjadi mampu mengirim apa pun dan ke mana saja hanya dalam sepuluh tahun, “kata Ma.” Dan orang Cina melakukannya. “

Selain infrastruktur, China juga memiliki kebijakan yang mengunggulkan dunia perdagangan ekspor sehingga barang-barangnya di seluruh dunia. Kebijakan itu adalah pengembalian pajak. Kebijakan, yang dimulai pada bulan April 1985, hanya akan menggantikan biaya pajak bagi mereka yang mengimpor barang dari Cina.

Kekuatan pengiriman gratis

Belanja online Cina menawarkan pengiriman gratis untuk menarik pelanggan. Walker Sands, sebuah perusahaan hubungan masyarakat, di depan umum kasus berjudul Future of Retail 2017 “mengatakan bahwa ongkos kirim memiliki dampak besar pada dunia perdagangan elektronik. Dalam sebuah survei yang melibatkan 1.622 konsumen yang membeli secara online Di Amerika Serikat, Hingga 80 persen mengatakan pengiriman gratis adalah insentif paling menarik bagi pelanggan belanja online.

Dalam aktivitas belanja online, mahalnya harga produk tidak begitu mengkhawatirkan seperti berbelanja di tempat konvensional. Tingginya harga barang benar-benar akan mendorong pedagang untuk memberikan kebijakan pengiriman gratis dan kemudian mempengaruhi sisi psikologis pembeli. Namun, lebih dari itu, kemampuan Cina untuk menciptakan rantai logistik yang efisien adalah pelajaran bagi negara-negara seperti Indonesia, belajar bagaimana Cina bisa melakukannya.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>