Pengertian Cerita Fabel Secara Umum

December 3, 2019 Uncategorized  No comments

Fable adalah dongeng yang memberikan karakter binatang karakter sentral. Dongeng termasuk dalam fiksi atau fantasi. Meskipun mereka sebagian besar karakter binatang, dongeng juga menyertakan karakter manusia.

Struktur Teks Cerita Fabel

Seperti kebanyakan jenis cerita, peri memiliki struktur cerita antara lain:

  • Judul, kalimat di bagian atas cerita fiksi, sesuai untuk menemukan tema umum atau deskripsi dari cerita fiksi.
  • Orientasi, adalah awal dari dongeng untuk mengenalkan karakter, tempat dan waktu dalam cerita.
  • Komplikasi adalah bagian-bagian teks yang menceritakan konflik atau masalah dalam cerita.
  • Climax, adalah klimaks dari suatu konflik atau masalah.
  • Resolusi, yang merupakan bagian dari teks yang berisi resolusi masalah dalam cerita.
  • Koda, adalah bagian terakhir dari teks yang berisi pesan dan pesan dari penulis.
  • Karakteristik Dongeng
  • Satu-satunya bagian dari cerita fiksi adalah binatang.
  • Karakternya digambarkan dengan baik dan beberapa buruk.
  • Dongeng memiliki plot maju.
  • Latar belakang yang digunakan adalah pengaturan alam (sungai, hutan, kolam, dll.).
  • Berisi pesan moral atau pesan.
  • Ada beberapa peristiwa yang menunjukkan peristiwa sebab akibat.

Contoh Cerita Fabel

Berikut ini beberapa contoh dongeng.

Dongeng Kelinci dan Kura-kura

Hutan kecil di pinggir desa adalah rumah bagi sekelompok hewan. Di hutan adalah kelinci yang sangat bangga yang suka menggoda binatang lain. Hewan lain tidak suka kelinci sombong.

Dan pada satu titik, kelinci yang angkuh berjalan mencari korban untuk disedot. Jadi kebetulan dia melihat kura-kura di jalan, dan kelinci itu berkata, “Hei, kura-kura, jalannya sangat lambat! Tidak secepat aku,” kata kelinci kelinci. yang penting adalah tetap aman. Tetapi dengan cepat tetapi tiba-tiba dan buruk, “jawab kura-kura. Bahkan seekor kelinci yang tidak mengatakan kata kura-kura bahkan menantang kura-kura itu.” Ngomong-ngomong, nanti! Bagaimana jika kita hanya berlari, jika kamu menang, aku akan memberikan apa pun yang kamu minta, “kata kelinci bangga.” Betapa aku ingin lari bersamamu. Kamu begitu cepat ketika aku hanya bisa berjalan pelan, kura-kura berkata untuk mengenal dirinya sendiri. “Tentu saja! Kamu tidak bisa menolak tantangan. Besok pagi aku menunggumu di bawah pancuran. Aku akan meminta serigala untuk menilai,” kata kelinci. Kura-kura hanya bisa diam ketika mereka berkata, “Bisakah kita mengalahkan kelinci?”

Baca Juga: Contoh Izin untuk Tidak Digunakan, Sekolah Lengkap
Hari kelinci sombong itu menunggu di bawah pohon. Serigala telah datang sebagai wasit dan binatang lain untuk menyaksikan balapan. Setelah kura-kura datang, serigala berkata, “Wajib seperti ini. Anda menjalankan dimulai perlombaan dari sini, dan pers pohon di sana, maka dia pemenang,” Semua orang yang terbukti. “Semua orang siap … satu … dua … tiga … run!” Berbicara tentang serigala memberi Anda sinyal.

Kelinci terbuka segera sebelum kura-kura. Sementara itu penyu berjalan perlahan. “Ayo, kura-kura, buka, jangan hanya berjalan …!” Kelinci itu berteriak di kejauhan sambil menggoda kura-kura. “Butuh waktu lama, kura-kura, jadi aku akan menunggu di sini, tidak apa-apa,” kata kelinci sambil tertawa. Kelinci duduk di bawah pohon sambil bernyanyi, dan mengusir kura-kura yang sulit. Karena angin begitu dingin, kelinci itu tidak sadarkan diri.

Kura-kura yang melihat kelinci yang sedang tidur diam saja sampai selesai. Ketika kura-kura hendak menyemprot garis finish, kelinci-kelinci itu bangkit dan dengan kekuatan mereka mereka menyemprot korek api. Namun sayangnya, sudah terlambat. Kaki kura-kura telah menyentuh garis finish dan serigala telah mengangkat bendera finish saat kelinci masih berlari. Kutu menjadi pemenang dan kelinci sombong terdiam.

“Sekarang, siapa yang menang?” Kura-kura bertanya pada kelinci. “Ya, kamu menang,” jawab kelinci itu dengan kosong. “Kamu masih ingat janji itu, kan? Jika aku menang, aku bisa mendapatkan hadiah apa pun,” kata kura-kura itu. “Ya, … pilih saja hadiah yang kamu inginkan,” kata kelinci dengan semangat. “Aku hanya mendapat satu hadiah darimu. Jadi, jangan menjadi sombong. Kamu harus menghormati semua binatang di sini,” kata kura-kura itu. “Apakah ini masalahnya?!” kata kelinci yang terkejut. “Ya, itu saja.” Kata si kura-kura. “Ya, saya berjanji untuk tidak menjadi sombong lagi. Saya juga akan menghormati semua hewan di sini. Saya juga meminta maaf atas perilaku sombong saya,” kata kelinci yang menyaksikan semua binatang.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>